Setelah rodajaman
menulis Gara-gara
JJM KTSP dan JJM Linier, Akhirnya Data PTK Kami Tidak Valid,
banyak komentar yang masuk yang intinya bernada sama. Mereka kebanyakan
mengeluh mengenai Jumah Jam Sesuai (point 20 pada data verifikasi) yang kembali
hilang atau dianggap nol. Padahal sebelumnya data verifikasi sudah dianggap
valid. Termasuk data PTK di sekolah kami yang kembali kacau, dan sudah pasti
guru-guru berbondong-bondong menanyakan datanya yang tidak sesuai lah, jadi nol
lah, dll. Kalau sudah demikian sebagai operator sekolah hendaknya jangan
terbawa emosi, hadapi dengan tenang, dan jawablah dengan jawaban yang dapat
diterima oleh rekan-rekan guru. Misalnya “wait and see” atau “tenang aja yang
penting data sudah masuk, lihat nih datanya kan sudah ada” atau “mungkin sistem
di pusatnya (p2tk) belum normal” atau jawaban apalah...
Setelah lama merenung, mencari apa penyebabnya,
kemudian rodajaman
iseng-iseng melacak satu persatu data rekan guru. Dalam rangka penelitian ini rodajaman
melakukan beberapa cara yaitu :
- mencek secara acak guru yang sudah
tersertifikasi. - lalu mengelompokkan berdasarkan tahun
sertifikasi. Kelompok 1 = Tahun 2007, 2008 dan kelompok 2 = 2009-2012 - Mencek data guru berdasarkan mata
pelajaran (untuk SMP). Caranya dengan cek satu persatu guru yang sertifikasi dan
lihat perbedaan setiap kode bidang studi sertifikasi. - Melakukan crosscheck data dengan data
PTK di sekolah lain - Mencek data PTK di sekolah lain berdasarkan
mata pelajarannya.
Dari beberapa cara tersebut, akhirnya rodajaman
mempunyai suatu hipotesa (kayak penelitian aja). Mudah-mudahan dengan tulisan
ini bisa menjawab semua komentar yang tidak sempat dan memang sengaja tidak
saya jawab karena rodajaman
sendiri mengalami hal yang sama dan sampai akhirnya mempunyai pendapat yang
mungkin bisa diterima oleh rekan-rekan semua. Sekali lagi ini jawaban dan
solusi bagi data guru yang sebelumnya sudah valid sebelum ada
JJM KTSP dan JJM
Linier (khusus untuk Point 20 termasuk Jam tambahan sudah
terhitung)
Ada beberapa jenis atau kriteria data hasil verifikasi
guru versi rodajaman yaitu :
- Pada
tabel, JJM terisi, JJM KTSP terisi, JJM
Linier terisi, kode bidang studi = point 17 dan di Point 20 = sesuai - Pada
tabel, JJM terisi, JJM KTSP terisi, dan JJM
Linier terisi, kode bidang studi ada yang sama dan tidak sama dengan point 17
dan di Point 20 = 0 - Pada tabel, JJM terisi, JJM KTSP terisi,
dan JJM Linier tidak terisi +
kode bidang studi ada yang sama dan tidak sama dengan point 17 dan di point 20=0 - Pada tabel, JJM terisi, JJM KTSP tidak
terisi, JJM Linier tidak terisi, kode bidang studi dan yang sama dan tidak sama
dg point 17, dan di point 20 = 0 - Pada tabel, JJM terisi, JJM KTSP terisi,
JJM Linier ada yang terisi dan ada yang tidak, kode bidang studi sama dan tidak
sama, di point 20 belum sesuai
Baiklah..dengan melihat jenis data di atas, inilah
alasan kenapa berbeda-beda hasil datanya padahal JJM sudah terisi semua, yaitu
karena faktor tahun sertifikasi dan kode sertifikasi. Kita harus ingat bahwa
adanya perbedaan kode bidang studi sertifikasi antara tahun 2007-2008 dan tahun
2009-sekarang (lihat
disini), misalnya untuk PKn dulu kodenya 084 sekarang 154,
namun ada juga bidang studi yang kodenya masih tetap sama, contohnya IPS yaitu
100. Jadi inilah penyebabnya mengapa ada ketidaksesuain jam mengajar.
Nah...sekarang sudah agak paham donk dengan alasan diatas,
jadi dari ke-4 jenis data JJM diatas, kira-kira rekan-rekan termasuk kriteria
yang mana? Menurut rodajaman
dari ke-4 jenis data JJM diatas dapat dikelompokkan berdasarkan mata
pelajarannya yaitu :
- Untuk
Jenis Data (1) adalah IPS, karena kode IPS (100) tetap sama, dan Guru Kelas
(027) bukan guru bidang studi SD untuk semua tahun sertifikasi. Seni Budaya,
PKn untuk tahun sertifikasi 2009-sekarang. - Untuk
Jenis Data (2) adalah Matematika, Bahasa Indonesia, IPA, Penjas untuk jenis ini
hanya tinggal menunggu transfer/konversi kode bidang studinya mungkin akan
berubah sendiri. - Untuk
Jenis Data (3) adalah Guru PKn yang tahun sertifikasi sebelum 2009. Rodajaman tidak tahu bagaimana solusinya, mungkin
dalam proses konversi kode, apa akan berubah valid sendiri atau perlu
diperbaiki. - Untuk
Jenis Data (4) adalah Guru TIK/Keterampilan semua tahun sertifikasi, Guru
Bahasa Inggris semua tahun sertifikasi, hal ini rodajaman tidak tahu akan
berubah sendiri atau tidak. tapi sepertinya perlu waktu, karena JJM KTSP=0
apakah TIK benar-benar akan dihilangkan? - Untuk
Jenis Data (5) adalah guru yang tidak linier (tidak sesuai mata pelajaran yang
diampu) dengan sertifikat pendidiknya. Jelas kalau yang ini gak akan berubah.
Mudah-mudahan analisa ini tidak salah...dan
mudah-mudahan jika hasil data rekan-rekan semua juga sama, hal ini merupakan jawaban bagi rekan yang
menunggu dan masih risau dengan hasil verifikasi data. Mengutip salah satu
komentar di rodajaman, “gak usah terlalu dipusingkan dengan verifikasi dan
dapodik, bekerjalah dengan baik, sesuai dengan bidangnya”. Pada akhirnya yang
membuktikan adalah pekerjaan kita masing-masing. Ingat tujuan kita masih jauh
dan banyak, kita akan berhadapan dengan hal-hal baru yang lebih seru, jangan
beranggapan hal ini untuk mempersulit guru, bahkan beranggapan ada yang tidak
senang dengan sertifikasi guru, dll. Ini salah satu upaya Pemerintah membantu
dan melindungi para guru, bahwa keprofesionalan guru harus dipertanggung
jawabkan. Maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan. Dan jika berkenan kasih
komentarnya ya...terimakasih, salam rodajaman.
https://viewblogeducation.blogspot.com/2013/03/mungkin-inilah-penyebab-jjm-guru.html
No comments:
Post a Comment