Apa kegiatan Guru di kelas? Pertanyaan tersebut sebetulnya mudah untuk dijawab.
Tapi kita sering melupakan dua hal pokok mendasar yang menjadi tugas guru
ketika ada di kelas. Pertama bertanggung jawab dalam pengelolaan pembelajaran
dan kedua guru juga bertanggungjawab dalam menciptakan pengelolaan kelas yang
kondusip bagi siswa. Singkatnya saat di kelas guru bertanggung jawab terhadap masalah pembelajarannya
dan pengelolaan kelasnya.
Pengelolaan
Kelas adalah salah satu aspek yang menjadi tugas paling mendasar bagi seorang
guru. Dengan pengelolaan kelas yang baik maka akan tercipta kondisi belajar
yang optimal sehingga memudahkan dan mendukung tercapainya tujuan pembelajaran.
Untuk memperjelas tentang apa definisi pengelolaan kelas dan tujuannya, berikut
diuraikan definisi dan tujuan pengelolaan kelas menurut para ahli.
Definisi
pengelolaan kelas menurut para ahli :
- Menurut Usman “Pengelolaan kelas adalah keterampilan
guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan
mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar” - Menurut Wina Sanjaya “Pengelolaan kelas merupakan
keterampilan guru menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan
mengembalikannya manakala terjadi hal-hal yang dapat mengganggu suasana
pembelajaran” - Menurut Amatembun “Pengelolaan kelas adalah upaya
yang dilakukan oleh guru dalam menciptakan dan mempertahankan serta mengembang
tumbuhkan motivasi belajar untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan”
Sedangkan Tujuan Pengelolaan Kelas menurut para ahli diantaranya
:
- Menurut
Ahmad “ tujuan pengelolaan kelas adalah sebagai berikyaitu :Mewujudkan situasi
dan kondisi kelas, baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok
belajar yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan
semaksimal mungkin, Menghilangkan berbagai hambatan yang dapat menghalangi
terwujudnya interaksi belajar mengajar, Menyediakan dan mengatur fasilitas
serta perabot belajar yang mendukung dan memungkinkan peserta didik belajar
sesuai dengan lingkungan sosial, emosional, dan intelektual peserta didik dalam
kelas, Membina dan membimbing sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi,
budaya serta sifat-sifat individunya. - Menurut
Arikunto “tujuan pengelolaan kelas adalah agar setiap anak di kelas dapat
bekerja dengan tertib sehingga segera tercapai tujuan pengajaran secara efektif
dan efisian. - Menurut Sudirman “Tujuan pengelolaan kelas adalah penyediaan fasilitas bagi macam-macam
kegiatan belajar peserta didik dalam lingkungan sosial, emosional, dan
intelektual dalam kelas. Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan peserta
didik belajar dan bekerja. Terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan,
suasana disiplin, perkembangan intelektual, emosional, dan sikap serta
apresiasi pada peserta didik
https://viewblogeducation.blogspot.com/2013/03/definisi-dan-tujuan-pengelolaan-kelas.html
No comments:
Post a Comment