Proses peniliaian merupakan
satu rangkaian dalam proses pembelajaran. Guru dalam melakukan penilaian dan
evaluasi hasil belajar peserta didik membutuhkan instrumen penilaian yang valid
dan reliabel agar dapat mengukur dengan baik tingkat pencapaian kompetensi
peserta didik.
Agar guru mengerti
dan memahami dalam proses peniliaian, sebelumnya perlu mengetahu istilah-istilah
dalam peniliaian. Berikut ini daftar isitilah dalam penilaian peserta didik...
- Tes adalah pemberian sejumlah pertanyaan yang
jawabannya dapat benar atau salah - Tes adalah sebagai alat penilaian berupa
pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada siswa untuk mendapat jawaban dari
siswa dalam bentuk lisan (tes lisan) atau tulisan (tes tertulis) atau dalam
bentuk perbuatan (tes tindakan); - Tes lisan adalah tes yang dilaksanakan melalui komunikasi
langsung (tatap muka) antara peserta didik dengan pendidik, pertanyaan dan
jawaban diberikan secara lisan; - Tes praktik (kinerja) adalah tes yang
meminta peserta didik melakukan perbuatan/ menampilkan/mendemonstrasikan
keterampilannya; - Tes tertulis adalah tes yang menuntut
peserta tes memberi jawaban secara tertulis berupa pilihan dan atau isian; - Tujuan tes
memiliki penekanan yang berbeda-beda, misalnya untuk tujuan tes - prestasi belajar, diagnostik, atau seleksi;
- Soal pilihan ganda adalah soal yang
menyediakan sejumlah pilihan jawaban dengan hanya ada satu pilihan jawaban yang
benar; - Option adalah sejumlah pilihan atau alternatif
jawaban dalam soal bentuk pilihan ganda; - Pengecoh (Distractor) adalah jawaban-jawaban lain selain kunci jawaban;
- Kunci adalah jawaban yang benar atau yang
paling benar; - Soal uraian (essay examination) adalah pertanyaan yang menuntut peserta didik
menjawabnya dalam bentuk menguraikan, menjelaskan, mendiskusikan,
membandingkan, memberikan alasan, dan bentuk lain yang sejenis sesuai dengan
tuntutan pertanyaan dengan menggunakan kata-kata dan bahasa sendiri; - Indikator adalah karakteristik, ciri-ciri,
tanda-tanda, perbuatan, atau respons, yang harus dapat dilakukan atau
ditampilkan oleh peserta didik untuk menunjukkan bahwa peserta didik telah
memiliki kompetensi dasar tertentu (Rancangan Penilaian Hasil Belajar,
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat PSMA,
2008); - Analisis adalah kegiatan memperhatikan,
mengamati, dan memecahkan sesuatu (mencari jalan keluar) yang dilakukan oleh
seseorang. Analisis butir soal terdiri dari analisis kualitatif dan analsisis
kuantitatif. Analisis secara kualitatif dalam kaitan dengan isi dan bentuknya,
dan analisis kuantitatif dalam kaitan dengan ciri-ciri statistiknya. - Analisis kualitatif adalah
analisis/penelaahan butir soal (tes tertulis, perbuatan, sikap) sebelum soal
tersebut digunakan/diujikan. Analisis kualitatif mencakup pertimbangan
validitas isi dan konstruk; - Analisis kuantitatif adalah
analisis/penelaahan butir soal (tes tertulis, perbuatan, sikap) setelah soal
tersebut digunakan/diujikan. Analisis kuantitatif mencakup pengukuran kesulitan
butir soal dan diskriminasi soal yang termasuk validitas soal dan
reliabilitasnya; - Daya beda soal adalah daya dalam
membedakan antara peserta tes yang berkemampuan tinggi dengan peserta tes yang
berkemampuan rendah; - Tingkat kesukaran soal adalah mengkaji
soal-soal dari segi kesulitannya sehingga dapat diperoleh soal-soal mana yang
temasuk rendah, sedang, dan sukar; - Penyebaran
pilihan jawaban dijadikan dasar dalam penelaahan soal. Hal ini bertujuan untuk
mengetahui berfungsi tidaknya jawaban yang tersedia. Suatu pilihan jawaban
(pengecoh) dapat dikatakan berfungsi apabila pengecoh, paling tidak
dipilih oleh 5 % peserta tes/siswa atau lebih banyak dipilih oleh kelompok siswa
yang belum paham materi - Validitas suatu soal, untuk mengetahui
tingkat ketepatan (precision). Indeks validitas berkisar antara 0-1. Semakin
tinggi koefisien validitas makin tinggi pula ketepatannya; - Reliabilitas suatu soal, untuk mengetahui
keajegan (consistency) skor tes. Indeks reliabilitas berkisar antara 0 – 1.
Semakin tinggi koefisien reliabilitas suatu tes (mendekati 1), makin tinggi
pula keajegannya; - Bank soal adalah kumpulan besar soal-soal
tes yang mengukur bidang pengajaran tertentu. Setiap butir soal dalam bank soal
tersebut diklasifikasikan berdasarkan materi yang dicakup oleh butir soal
tersebut atau tujuan khusus bahan pengajaran yang diujinya. - Butir-butir soal yang dimasukkan ke dalam
bank soal adalah butir-butir soal yang bermutu tinggi, yaitu butir-butir soal
yang diterima (lulus) berdasarkan hasil analisis. Ada dua cara dalam menyimpan
sosal-soal tersebut ke dalam bank soal yaitu: menuyimpan soal-soal pada kartu
soal (satu kartu untuk satu soal) dan menyimpan soal-soal tersebut di dalam
komputer dengan program tersendiri. - Informasi
mengenai soal yang tersimpan dalam bank soal meliputi:
- Informasi
identitas setiap soal yang mencakup mata pelajaran, SK/KD, Indikator
Pencapaian, Materi pokok, Kelas/Semester, indikator soal, dsb. - Teks soal yang
lengkap kunci termasuk grafik, tabel, dll. - Statistik soal (hasil analisis)
https://viewblogeducation.blogspot.com/2013/03/daftar-isitilah-dalam-proses-peniliaian.html
No comments:
Post a Comment