Kali ini rodajaman ingin berbagi dengan memberikan
contoh instrumen penilaian psikomotor untuk semua mata pelajaran. Bagi guru, melakukan
penilaian merupakan suatu keharusan. Penilaian oleh
guru mencakup semua aspek kompetensi dengan menggunakan berbagai teknik
penilaian yang sesuai untuk memantau perkembangan kemampuan peserta didik.
Cakupan aspek penilaian yang dimaksud adalah aspek kognitif (pengetahuan),
aspek psikomotor (keterampilan), dan aspek afektif (sikap). Untuk dapat merancang
dan melaksanakan penilaian psikomotor yang sesuai dengan standar penilaian,
guru harus memiliki pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan yang memadai dalam
mengembangkan perangkat penilaian psikomotor.
Penilaian Psikomotorik dilakukan oleh guru melalui pengamatan
terhadap perkembangan psikomotorik peserta didik. Mata pelajaran yang berkaitan dengan psikomotor
adalah mata pelajaran yang lebih beorientasi pada gerakan dan menekankan pada
reaksi–reaksi fisik dan keterampilan tangan.
Prosedur pembelajaran psikomotor
meliputi langkah-langkah dalam mengajar praktik, yaitu:
- Menentukan tujuan dalam bentuk perbuatan;
- Menganalisis keterampilan secara rinci dan berurutan;
- Mendemonstrasikan keterampilan disertai dengan penjelasan singkat
dengan memberikan perhatian pada butir-butir kunci termasuk kompetensi kunci
yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan dan bagian-bagian yang sukar; - Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mencoba melakukan
praktik dengan pengawasan dan bimbingan; - Memberikan penilaian terhadap usaha peserta didik.
Untuk bahan
referensi anda..silakan unduh beberapa contoh perangkat intrumen penilaian psikomotor
yang dapat digunakan oleh anda...
Catatan : klik
LEWATI atau SKIP ADD pada pojok kanan atas utk dapat mengunduh
https://viewblogeducation.blogspot.com/2013/03/contoh-instrumen-penilaian-psikomotor.html
No comments:
Post a Comment